Skip to main content

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips - Kue tradisional indoensia yang satu ini selain enak ternyata merupakan salah satu kue yang unik . kenapa ? karena kue ini memiliki banyak sekali sebutan nama yang berbeda di masing-masing daerah . selain terkenal dengan sebutan nama kue rangin , kue ini juga sangat terkenal dengan sebuat kue pancong , kue panci baris , ada yang juga yang menyebut kue rangin ini kue brandos . bagi anda yang berdomisili di Betawi , jawa dan kota-kota lainnya tentu saja anda sudah tak asing lagi dengan kue ini bukan ?

Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur santan ini merupakan kue legend yang saat ini masih populer dimana-dimana . biasanya kue rangin di jual di abang-abang yang suka keliling komplek ataupun para pedagang yang sering mangkal di tempat keramaian . seperti pemda , pasar tradisional , alun-alun , depan sekolahan dan lain sebagainya . aroma wangi dari kue rangin memang sangat menggoda sekali .

Rasa-rasanya tak ingin ketinggalan akan enak dan gurihnya kue rangin atau Kue pancong ini . kue rangin cocok sekali disajikan selagi hangat dengan taburan gula pasir sebagai penambah nikmatnya . menurut kami kue ini walaupun sering dimasak setengah matang namun tak membuat *neg* saat di makan . malahan menjadi bertekstur lembut didalam dan crispy di luar .

Dalam menikmati kue rangin atau pancong ini memang dapat dibilang sesuai selera . karena ada yang suka dengan kue rangin yang bertekstur lembut di dalam crispy diluar atau dapat dibilang setengah matang . dan ada pula yang lebih menyukai kue rangin yang dimasak sampai benar-benar matang sehingga didalam kue rangin lebih bertektur padat dan kering di luar . pada dasarnya kue rangin pancong ini memiliki rasa yang enak dan gurih sehingga selalu lezat di sajikan di berbagai suasana .

Nah , bagi anda yang ingin mencoba membuat kue rangin pancong dengan membuatnya sendiri dirumah namun tak tahu bahan-bahan dan cara membuatnya . anda tepat sekali membuka resep kue rangin yang harianresep.blogspot.com bagikan kali ini . karena kami akan membahas habis tentang kue rangin pancong secara tuntas . tentu saja dari resep , cara membuat dan tips yang akan membantu anda membuat kue rangin yang enak seperti didalam artikel resep kue rangin pancong dibawah ini .

Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips


Bahan-bahan Kue Rangin Pancong :

  • Tepung beras 250 gram
  • Santan kental 400 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Santan encer 600 mili liter ( dari 1/2 butir kelapa )
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir 50 gram ( digunakan sebagai taburan )
  • Kelapa sedang ( yang tidak tua ) 240 gram ( diparut memanjang )
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya ( digunakan untuk olesan )
  • Telur ayam 2 butir ( dikocok lepas )

Cara Membuat Kue Rangin Pancong :

  1. Langkah awal campurkan 100 gram tepung beras dengan santan kental , aduk hingga rata .
  2. Setelah itu masak di atas api sedang sambil terus diaduk hingga kental . angkat lalu sisihkan .
  3. Selanjutnya campur sisa tepung beras , kelapa sedang , rebusan tepung beras dan garam . aduk hingga rata . 
  4. Jika dirasa semua bahan sudah tercampur rata tambahkan telur dan santan cair , aduk kembali hingga rata .
  5. Kemudian panaskan cetakan kue pancong , jangan lupa olesi dengan minyak atau margarin secukupnya .
  6. Tuang adonan hingga 3/4 tinggi cetakan , lalu masak hingga matang sesuai selera . angkat . lakukan terus hingga adonan habis .
  7. Sajikan kue rangin atau pancong ini dengan diberi taburan gula pasir di atasnya . 

Tips Dalam Membuat Kue Rangin Pancong :

  • Pertama , pastikan cetakan sudah panas saat adonan kue dituangkan .
  • Kedua , saat memanggang kue rangin pancong , gunakan api kecil agar matangnya merata .
  • Ketiga , untuk menambah aroma harum pada adonan , anda dapat tambahakan daun pandan saat merebus santan dan tepung beras .

Begitulah Resep dan Cara Membuat Kue Rangin Pancong beserta dengan tips yang dapat membantu anda dalam membuat kue rangin yang enak dan hasilnya maksimal . bagi anda yang tidak mempunyai cetakan kue rangin atau pancong , anda dapat menggunakan cetakan takoyaki atau wajan cetakan sejenisnya . jadi jangan sampai anda tidak jadi mencoba resep kue rangin yang kami bagikan kali ini karena kendala cetakan . buka juga informasi resep lainnya seperti Resep Membuat Egg Tart Fruity Pie Susu Bali yang sayang sekali jika terlewatkan .

Terimakasih sudah membuka Harian Resep , semoga resep-resep yang kami bagikan dapat bermanfaat untuk anda . jika kalian menyukai artikel Resep Membuat Kue Rangin Pancong Dan Tips jangan lupa share kemedia sosial anda yah . sekian :)

Comments

Popular posts from this blog

53+ Cara Membuat Empal Jengkol

Poin pembahasan 53+ Cara Membuat Empal Jengkol adalah : resep semur jengkol sederhana, resep semur jengkol sunda, resep semur jengkol betawi, resep semur jengkol spesial, resep semur jengkol padang, resep semur jengkol santan, cara membuat semur jengkol pedas dan empuk, resep semur jengkol maknyus, 53+ Cara Membuat Empal Jengkol . Musim hujan ini akan membuat kita menjadi cepat lapar. Udara yang dingin membuat perut kita keroncongan dan memerlukan asupan yang bisa membuat tubuh terasa hangat. Di musim hujan ini kamu harus menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terhindar dari penyakit dan tubuh tetap segar bugar. Nah maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ini, kali ini kita akan membahas resep empal yang bisa kamu buat di musim hujan iniresep empal dengan artikel 53+ Cara Membuat Empal Jengkol berikut ini Aneka Masakan Cara Masak Semur Jengkol Sumber : macammasak.blogspot.com TIPS CARA MEMBUAT JENGKOL CEPAT EMPUK DAN TIDAK BAU 01 01

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Istimewa

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak - Kuliner nusantara kali ini akan kami hadirkan secara istimewa dengan menu masakan yang istimewa juga. Masih dengan menu yang sama dengan sebelumnya yaitu masakan ayam hanya saja dengan kreasi yang berbeda, dan pastinya dengan kelezatan yang berbeda pula. Kreasi masakan ayam sebelumnya adalah ayam goreng kremes , ayam pop , ingkung ayam , opor ayam , ceker ayam mercon , ayam marengo , ayam teriyaki , ayam bakar madu , ayam rica-rica , sate ayam madura , fried chicken dan kali ini kreasinya yaitu Ayam Goreng Tulang Lunak. Rasa dari Ayam Goreng Tulang Lunak sudah pasti enak gurih dan istimewanya adalah tulang ayamnya bisa dimakan juga karena tulangnya sudah lunak tidak keras lagi.  Rasa dan aroma rempah dari Ayam Goreng Tulang Lunak sangat terasa sehingga membuat masakan ini berbeda dengan kreasi ayam lainnya. Ada rahasia khusus agar tulang ayam menjadi sangat lunak tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Sehingga Ayam Goreng Tulang Lunak aman dikonsums

70+ Resep Empal Susur

Poin pembahasan 70+ Resep Empal Susur adalah : resep empal ayam kuah, bumbu empal ayam jawa, resep empal suwir daging ayam, bumbu empal ayam goreng, resep empal ayam cirebon, resep empal daging, cara membuat empal ayam bulat, empal daging sapi santan, 70+ Resep Empal Susur . Untuk menyiapkan resep empal sehari-hari yang sehat dan mengundang selera, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis dan variasi resep empal harus beraneka ragam. Hal ini penting sekali supaya setiap resep empal sehari-hari yang kita masak akan selalu disukai oleh semua anggota keluarga. Siapkan resep empal sederhana yang banyak mengandung serat dan komposisi lengkap. Jadi selalu ada sayur yang bergizi untuk teman lauk pauk dan buah buahan. Selain itu, sebaiknya kita juga mulai mengurangi konsumsi lemak jenuh dan minyak trans yang biasanya dengan mudah kita dapatkan dari cepat saji.resep empal dengan artikel 70+ Resep Empal Susur berikut ini Resep Tahu Susur Mama oleh Firda home Cookpad Sumber : cookpad.