Skip to main content

Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan Nikmat Dan Lezat

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Selamat sore sista semuanya, kali ini kita akan mebahas resep ayam goreng kalasan khas Jawa Tengah. Apakah anda pernah mendengar nama masakan ini, yaitu ayam kalasan. Ayam kalasan merupakan masakan yang berasal dari daerah di Sleman, Yogyakarta (Jawa Tengah). Ayam kalasan sangat populer karena rasanya yang enak, gurih dan nikmat saat disantap. Yang membuat ayam kalasan berbeda adalah rasa khas nya yang berasal dari gula merah yang merupakan bumbu utamanya. 

Memang agak sulit menjelaskannya, yang pasti ayam goreng kalasan ini sangat terkenal di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Banyak orang dan turis yang berwisata ke candi prambanan dan candi borobudur, dan merasa lengkap liburannya kalau sudah menikmati ayam goreng kalasan yang maknyusss ini.

Salah satu kuiner asli Indonesia ini mudah di buatnya, yaitu dengan mengolah daging ayam, bawang putih, daun salam, lengkuas, tomat dan bumbu lainya. Dengan tahapan memasak yang benar akan menghasilkan masakan ayam goreng kalasan tradisional yang mantap dan mesti anda coba. Masakan ayam kalasan tidak sulit kita temui di rumah makan atau restoran, tapi akan lebih puas kalau kita memasaknya sendiri. Berikut resepnya kami berikan spesial untuk anda. 

Bahan-bahan untuk memasak ayam kalasan :

  • 1     ekor ayam, yang sudah dipotong jadi 4 
  • 100 cc air kelapa 
  • ¼    sendok tehh soda kue 
  • 5     buah bawang putih (haluskan)
  • 2    lembar daun salam 
  • 1     cm lengkuas, memarkan
  • garam dan gula merah menurut selera/secukupnya
  • minyak sayur secukupnya
resep ayam kalasan,cara membuat ayam kalasan,cara memasak ayam kalasan,bumbu ayam kalasan,ayam kalasan enak,ayam kalasan empuk,ayam kalasan spesial,resep ayam kalasan tulang lunak,resep ayam goreng kalasan asli,resep sambal ayam kalasan,resep masakan ayam goreng kalasan,resep ayam bakar kalasan,kumpulan resep ayam kalasan
  • Bahan sambal :

  • 150 gram cabai merah (buang bijinya) 
  • 2     buah bawang putih 
  • 6     buah bawang merah 
  • 1     buah tomat (pilih yang berwarna merah)
  •  ½   sendok tehh terasi
  • gula dan garam menurut selera

Cara untuk membuat ayam kalasan enak:

  1. Rebus ayam bersama air kelapa dan bahan lainnya, sehingga air kelapa-nya nyaris habis dan ayam sudah lunak. Tambahkan air bilamana perlu, lalu tiriskan dan dinginkan. 
  2. Goreng ayam dengan minyak banyak dan panas hingga berwarna kuning kecoklatan (tidak terlalu kering). 
  3. Bila sudah matang segera angkat dan kemudian tiriskan/diamkan. 
  4. Bila perlu oles-oleskankan sisa kuah kental bekas rebusan daging ayam agar tampak mengkilat.
  • Cara membuat sambal ayam goreng kalasan pedas:

  • Tumis cabai, bawang merah, bawang putih, terasi, dan tomat hingga setengah matang, lalu angkat dan tiriskan. Haluskan, tambahkan garam dan gula menurut selera. Masukkan pula sisa kuah kental bekas rebusan ayam. Tumis dengan 5 sendok makan minyak goreng dengan api kecil hingga matang.
Demikian resep mudah memasak ayam goreng kalasan empuk nikmat, semoga bermanfaat dan anda puas dengan resep dari kami. Terimakasih sudah berkunjung keblog kami. Silahkan baca artikel kami yang lainnya, yakni resep masakan bebek goreng cabai merah enak.

Comments

Popular posts from this blog

53+ Cara Membuat Empal Jengkol

Poin pembahasan 53+ Cara Membuat Empal Jengkol adalah : resep semur jengkol sederhana, resep semur jengkol sunda, resep semur jengkol betawi, resep semur jengkol spesial, resep semur jengkol padang, resep semur jengkol santan, cara membuat semur jengkol pedas dan empuk, resep semur jengkol maknyus, 53+ Cara Membuat Empal Jengkol . Musim hujan ini akan membuat kita menjadi cepat lapar. Udara yang dingin membuat perut kita keroncongan dan memerlukan asupan yang bisa membuat tubuh terasa hangat. Di musim hujan ini kamu harus menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terhindar dari penyakit dan tubuh tetap segar bugar. Nah maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ini, kali ini kita akan membahas resep empal yang bisa kamu buat di musim hujan iniresep empal dengan artikel 53+ Cara Membuat Empal Jengkol berikut ini Aneka Masakan Cara Masak Semur Jengkol Sumber : macammasak.blogspot.com TIPS CARA MEMBUAT JENGKOL CEPAT EMPUK DAN TIDAK BAU 01 01

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Istimewa

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak - Kuliner nusantara kali ini akan kami hadirkan secara istimewa dengan menu masakan yang istimewa juga. Masih dengan menu yang sama dengan sebelumnya yaitu masakan ayam hanya saja dengan kreasi yang berbeda, dan pastinya dengan kelezatan yang berbeda pula. Kreasi masakan ayam sebelumnya adalah ayam goreng kremes , ayam pop , ingkung ayam , opor ayam , ceker ayam mercon , ayam marengo , ayam teriyaki , ayam bakar madu , ayam rica-rica , sate ayam madura , fried chicken dan kali ini kreasinya yaitu Ayam Goreng Tulang Lunak. Rasa dari Ayam Goreng Tulang Lunak sudah pasti enak gurih dan istimewanya adalah tulang ayamnya bisa dimakan juga karena tulangnya sudah lunak tidak keras lagi.  Rasa dan aroma rempah dari Ayam Goreng Tulang Lunak sangat terasa sehingga membuat masakan ini berbeda dengan kreasi ayam lainnya. Ada rahasia khusus agar tulang ayam menjadi sangat lunak tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Sehingga Ayam Goreng Tulang Lunak aman dikonsums

70+ Resep Empal Susur

Poin pembahasan 70+ Resep Empal Susur adalah : resep empal ayam kuah, bumbu empal ayam jawa, resep empal suwir daging ayam, bumbu empal ayam goreng, resep empal ayam cirebon, resep empal daging, cara membuat empal ayam bulat, empal daging sapi santan, 70+ Resep Empal Susur . Untuk menyiapkan resep empal sehari-hari yang sehat dan mengundang selera, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis dan variasi resep empal harus beraneka ragam. Hal ini penting sekali supaya setiap resep empal sehari-hari yang kita masak akan selalu disukai oleh semua anggota keluarga. Siapkan resep empal sederhana yang banyak mengandung serat dan komposisi lengkap. Jadi selalu ada sayur yang bergizi untuk teman lauk pauk dan buah buahan. Selain itu, sebaiknya kita juga mulai mengurangi konsumsi lemak jenuh dan minyak trans yang biasanya dengan mudah kita dapatkan dari cepat saji.resep empal dengan artikel 70+ Resep Empal Susur berikut ini Resep Tahu Susur Mama oleh Firda home Cookpad Sumber : cookpad.