Skip to main content

Resep dan Cara Membuat Ketupat dan Lontong Cepat, Mudah Dan Sederhana Dengan Rasa Enak Dan Gurih

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Hoollaa, gimana kabarnya bunda yang gemar masak?. Semoga baik semuanya. Oy, saat memasuki bulan puasa para masyarakat muslim yang beragama Islam sudah mempersiapkan menu spesial saat merayakan Idul Fitri nanti. 

Biasanya ada yang harus memasak opor ayam sebagai menu masakan wajib. Dan sudah tentu teman dari opor ayam adalah ketupat atau lontong. Opor ayam juga diminati oleh masyarakat non muslim, itu karena rasanya yang khas dan mampu menggoncang lidah anda (maap agak lebay nih, hhehhehhe..)

So.. opor ayam maupun ketupat dan lontong bisa juga sebagai menu masakan sehari-hari. Buktinya, sering kita jumpai di rumah makan yang menyeridakan menu opor ayam, ketoprak, gado-gado dll. Yuk langsung aja kita buat ketupat dan lontong sederhana dan mudah berikut.

    Ketupat

      Bahan bahan untuk memasak ketupat :

      • 500 gram beras, yang sudah di cuci bersih dan ditiskan / diamkan beberapa menit

      Cara membuat ketupat nikmat :

      • Isi kulit ketupat dengan beras sepertiganya. Kemudian letakkan ke dalam panci, tuangi air sampai terendam.
      • Lalu rebus 3-4 jam sampai matang. Tambah air panas kalau air perebusnya hampir habis.
      • Kemudian angkat ketupat yang sudah matang dari panci, dan siram dengan air matang dingin supaya kulit tetap bersih, kemudian tiriskan.

      cara membuat ketupat, bahan-bahan membuat ketupat, ketupat khas nusantara, ketupat enak, ketupat nikmat, ketupat sayur, ketupat gurih, ketupat mantap, nasi ketupat, cara membuat lontong, bahan-bahan membuat lontong, lontong sayur, lontong gurih, lontong nikmat,sehat, lontong enak, lontong bergizi, lontong mantap, lontong spesial

        Lontong

          Bahan bahan untuk memasak lontong :

          • 500 gram beras, cuci dan tiriskan
          • 8 lembar daun pisang batu / klutuk, ukuran 25 X 30 cm ( makin lebar daun, makin baik )

          Cara membuat lontong :

          1. Celupkan tiap lembar daun pisang ke dalam air mendidih sekitar 2 detik agar layu dan tidak mudah pecah ketika disemat / di bentuk untuk membungkus, lalu keringkan.
          2. Gulung setiap lembar daun dengan sisi yang berwarna hijau disebelah dalamnya, dengan garis tengah 3 cm, lalu semat salah satu ujungnya.
          3. Isi tiap gulungan daun dengan beras ½ bagian. Semat sisi lainnya, kemudian letakkan ke dalam panci, lalu rendam dengan air.
          4. Cara merebus sama seperti ketupat. Kemudian setelah diangkat, tegakkan atau sandarkan sampai tiris / tidak berair, dingin dan keras.
          Catatan :

          Ketupat dan Lontong dalam menu masakan Indonesia berfungsi sama halnya dengan nasi yang dibuat dari olahan beras. Di Sulawesi selain janur (daun kelapa yang muda) kulit ketupat menggunakan daun pandan. Kulit ketupat / lontong dapat di gantikan dengan kain katun yang terlebih dahulu dijahit / di jelujur.

          Tetapi tentu saja warnanya tetap putih. Atau dapat juga digunakan tabung yang dibuat dari bahan seng dan berlubang kecil-kecil pada seluruh permukaannya.

          Untuk mempersingkat waktu didalam merebus, beras dapat dimasak dahulu ½ matang (diaron), lalu masukkan ke dalam kulit ketupat / lontong sebanyak 2/3 bagian, yang kemudian direbus selama 2 jam.

          Tepo (Jawa): ambil 2 lembar daun pisang, bagian hijau di atas, buat pincuk, isi beras 1/3 atau 2/3 bagian lipat kiri kanannya ketengah, lipat ketengah kedua ujungnya, lalu semat dengan lidi, rebus seperti cara di atas. Kunjungi resep mudah dan enak lainnya brkt ; Resep Cara Membuat Sop Buntut Spesial.

          Comments

          Popular posts from this blog

          53+ Cara Membuat Empal Jengkol

          Poin pembahasan 53+ Cara Membuat Empal Jengkol adalah : resep semur jengkol sederhana, resep semur jengkol sunda, resep semur jengkol betawi, resep semur jengkol spesial, resep semur jengkol padang, resep semur jengkol santan, cara membuat semur jengkol pedas dan empuk, resep semur jengkol maknyus, 53+ Cara Membuat Empal Jengkol . Musim hujan ini akan membuat kita menjadi cepat lapar. Udara yang dingin membuat perut kita keroncongan dan memerlukan asupan yang bisa membuat tubuh terasa hangat. Di musim hujan ini kamu harus menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terhindar dari penyakit dan tubuh tetap segar bugar. Nah maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ini, kali ini kita akan membahas resep empal yang bisa kamu buat di musim hujan iniresep empal dengan artikel 53+ Cara Membuat Empal Jengkol berikut ini Aneka Masakan Cara Masak Semur Jengkol Sumber : macammasak.blogspot.com TIPS CARA MEMBUAT JENGKOL CEPAT EMPUK DAN TIDAK BAU 01 01

          Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Istimewa

          Resep Ayam Goreng Tulang Lunak - Kuliner nusantara kali ini akan kami hadirkan secara istimewa dengan menu masakan yang istimewa juga. Masih dengan menu yang sama dengan sebelumnya yaitu masakan ayam hanya saja dengan kreasi yang berbeda, dan pastinya dengan kelezatan yang berbeda pula. Kreasi masakan ayam sebelumnya adalah ayam goreng kremes , ayam pop , ingkung ayam , opor ayam , ceker ayam mercon , ayam marengo , ayam teriyaki , ayam bakar madu , ayam rica-rica , sate ayam madura , fried chicken dan kali ini kreasinya yaitu Ayam Goreng Tulang Lunak. Rasa dari Ayam Goreng Tulang Lunak sudah pasti enak gurih dan istimewanya adalah tulang ayamnya bisa dimakan juga karena tulangnya sudah lunak tidak keras lagi.  Rasa dan aroma rempah dari Ayam Goreng Tulang Lunak sangat terasa sehingga membuat masakan ini berbeda dengan kreasi ayam lainnya. Ada rahasia khusus agar tulang ayam menjadi sangat lunak tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Sehingga Ayam Goreng Tulang Lunak aman dikonsums

          70+ Resep Empal Susur

          Poin pembahasan 70+ Resep Empal Susur adalah : resep empal ayam kuah, bumbu empal ayam jawa, resep empal suwir daging ayam, bumbu empal ayam goreng, resep empal ayam cirebon, resep empal daging, cara membuat empal ayam bulat, empal daging sapi santan, 70+ Resep Empal Susur . Untuk menyiapkan resep empal sehari-hari yang sehat dan mengundang selera, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis dan variasi resep empal harus beraneka ragam. Hal ini penting sekali supaya setiap resep empal sehari-hari yang kita masak akan selalu disukai oleh semua anggota keluarga. Siapkan resep empal sederhana yang banyak mengandung serat dan komposisi lengkap. Jadi selalu ada sayur yang bergizi untuk teman lauk pauk dan buah buahan. Selain itu, sebaiknya kita juga mulai mengurangi konsumsi lemak jenuh dan minyak trans yang biasanya dengan mudah kita dapatkan dari cepat saji.resep empal dengan artikel 70+ Resep Empal Susur berikut ini Resep Tahu Susur Mama oleh Firda home Cookpad Sumber : cookpad.