Skip to main content

Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Sambal Goreng Kreni "Printil" Pedas Dan Nikmat

citarasa-masakanindonesia.blogspot.com - Masih membahas menu masakan berbahan dasar daging sapi, kali ini kami memberikan resep mudah membuat sambal goreng kreni yang nikmat khas Jawa. Sambal goreng kreni / printil adalah menu masakan yang di olah dari daging sapi, daging sapi cincang di campur dengan telur dan garam kemudian di bentuk bulat seperti kelereng. 

Masakan tradisional Indonesia ini memiliki rasa yang enak, itu berkat bahan dan bumbu yang digunakan berasal dari rempah-rempah asli nusantara yang masih alami. Anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mencarinya di pasar langganan anda. Sambal goreng kreni ini di buat untuk menu santapan sehari-hari atau bisa juga untuk acara syukuran atau acara yang berkaitan adat budaya Jawa.

Anda penasaran kah?, hmmm, cara membuat sambal printil cukup sederhana, jadi broo dan sist bisa langsung memasaknya hari ini juga. Adapun untuk langkah selanjutnya, yuk langsung aja lihat bahan, bumbu dan cara membuatnya dan memasaknya berikut ini.

Bahan-bahan untuk memasak sambal goreng kreni / printil pedas:

  • 500 gram daging cincang 
  • 5     buah cabai merah, iris serong tipis-tipis, lalu buang semua bijinya 
  • 7     buah bawang merah, iris tipis-tipis 
  • 1     buah tomat, cincang 
  • 500 cc santan 
  •        garam menurut selera 
  • 1     butir telur, kocok sebentar 
  • 2     lembar daun salam 
  • 1     cm lengkuas, iris setebal 1 ½  cm, yang dimemarkan 
  • 3     sendok makan minyak untuk menumis
resep sambal goreng kreni,cara membuat sambal goreng kreni,cara memasak sambal goreng kreni,bumbu sambal goreng kreni,sambal goreng kreni enak,sambal goreng kreni spesial,sambal goreng kreni pedas,sambal goreng kreni /prentil
  • Bumbu Sambal Goreng Kreni (dihaluskan):

  • 5     buah cabai merah (buang bijinya kalau kurang suka pedas) 
  • 3     buah bawang putih 
  • garam menurut selera
  • gula menurut selera

Cara membuat sambal goreng kreni / Printil enak:

  1. Campur daging cincang, telur dan garam secukupnya. Buat bentuk bulat seperti kelereng, lalu letakkan di atas loyang yang sudah diolesi merata oleh minyak, kukus hingga benar-benar matang. 
  2. Tumis bawang merah sampai kuning, kemudian masukkan bumbu halus, lengkuas, tomat, daun salam, dan cabai iris. Masak sampai layu, sesudah layu kemudian masukkan santan dan terus masak sampai mendidih dan jangan lupa diaduk-aduk supaya meresap merata. 
  3. Masukkan daging yang sudah dikukus, masak kembali dengan api kecil saja, aduk-aduk sampai kuah mengental dan berminyak. Angkat dan segera hidangkan selagi panas.
Catatan :
Sambal goreng kreni ini sering juga dihidangkan sebagai pelengkap nasi kuning atau nasi gurih.

Semoga anda puas dan resep membuat sambal goreng kreni / printil lezat ini menjadi referensi untuk menjadi menu favorit anda sekeluarga. Terimakasih ya, sudah mau mengunjungi artikel-artikel blog kami. Anda bisa melihat artikel sebelum ini, yakni resep cara membuat "sandung lamur" tumis daging sapi cabai hijau enak

Comments

Popular posts from this blog

53+ Cara Membuat Empal Jengkol

Poin pembahasan 53+ Cara Membuat Empal Jengkol adalah : resep semur jengkol sederhana, resep semur jengkol sunda, resep semur jengkol betawi, resep semur jengkol spesial, resep semur jengkol padang, resep semur jengkol santan, cara membuat semur jengkol pedas dan empuk, resep semur jengkol maknyus, 53+ Cara Membuat Empal Jengkol . Musim hujan ini akan membuat kita menjadi cepat lapar. Udara yang dingin membuat perut kita keroncongan dan memerlukan asupan yang bisa membuat tubuh terasa hangat. Di musim hujan ini kamu harus menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terhindar dari penyakit dan tubuh tetap segar bugar. Nah maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ini, kali ini kita akan membahas resep empal yang bisa kamu buat di musim hujan iniresep empal dengan artikel 53+ Cara Membuat Empal Jengkol berikut ini Aneka Masakan Cara Masak Semur Jengkol Sumber : macammasak.blogspot.com TIPS CARA MEMBUAT JENGKOL CEPAT EMPUK DAN TIDAK BAU 01 01

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Istimewa

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak - Kuliner nusantara kali ini akan kami hadirkan secara istimewa dengan menu masakan yang istimewa juga. Masih dengan menu yang sama dengan sebelumnya yaitu masakan ayam hanya saja dengan kreasi yang berbeda, dan pastinya dengan kelezatan yang berbeda pula. Kreasi masakan ayam sebelumnya adalah ayam goreng kremes , ayam pop , ingkung ayam , opor ayam , ceker ayam mercon , ayam marengo , ayam teriyaki , ayam bakar madu , ayam rica-rica , sate ayam madura , fried chicken dan kali ini kreasinya yaitu Ayam Goreng Tulang Lunak. Rasa dari Ayam Goreng Tulang Lunak sudah pasti enak gurih dan istimewanya adalah tulang ayamnya bisa dimakan juga karena tulangnya sudah lunak tidak keras lagi.  Rasa dan aroma rempah dari Ayam Goreng Tulang Lunak sangat terasa sehingga membuat masakan ini berbeda dengan kreasi ayam lainnya. Ada rahasia khusus agar tulang ayam menjadi sangat lunak tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Sehingga Ayam Goreng Tulang Lunak aman dikonsums

70+ Resep Empal Susur

Poin pembahasan 70+ Resep Empal Susur adalah : resep empal ayam kuah, bumbu empal ayam jawa, resep empal suwir daging ayam, bumbu empal ayam goreng, resep empal ayam cirebon, resep empal daging, cara membuat empal ayam bulat, empal daging sapi santan, 70+ Resep Empal Susur . Untuk menyiapkan resep empal sehari-hari yang sehat dan mengundang selera, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis dan variasi resep empal harus beraneka ragam. Hal ini penting sekali supaya setiap resep empal sehari-hari yang kita masak akan selalu disukai oleh semua anggota keluarga. Siapkan resep empal sederhana yang banyak mengandung serat dan komposisi lengkap. Jadi selalu ada sayur yang bergizi untuk teman lauk pauk dan buah buahan. Selain itu, sebaiknya kita juga mulai mengurangi konsumsi lemak jenuh dan minyak trans yang biasanya dengan mudah kita dapatkan dari cepat saji.resep empal dengan artikel 70+ Resep Empal Susur berikut ini Resep Tahu Susur Mama oleh Firda home Cookpad Sumber : cookpad.