Skip to main content

Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal

Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal - Bakso adalah salah satu makanan yang sangat populer di masyarakat luas , di indonesia maupun di luar negri . makanan ini sangat di minati oleh semua kalangan , dari yang tua sampai yang muda . jika anda salah satu penggemar bakso , tentunya anda tahu jenis-jenis bakso yang biasa kita jumpai . yaitu bakso ikan , bakso ayam , dan yang sering di jajakan lebih sering biasanya bakso sapi .

Dalam pengolahan bakso sendiri juga bermacam-macam bentuk dan jenisnya . misalnya bakso tahu , bkaso tahu adalah tahu yang diberi isi bakso rasanya pun sangat enak dan menggoda selera . ada juga bakso tenis , bakso tenis adalah bakso yang bentuknya bulat dan besar seperti bakso bola tenis . bakso ini biasanya di gemari oleh masyarakat luas karena ukurannya yang besar membuat anda semakin berselera untuk menyantapnya .

Bakso Memang memiliki citarasa tersendiri , jadi tidak heran lagi jika pedagang bakso sangat mudah sekali anda jumpai didaerah anda . bakso yang terkenal adalah bakso solo dan bakso malang , dikota situ lah pusat bakso yang enak berkumpul . jika bakso solo biasanya menyajikan bakso dengan mie dan sayuran saja .

Berbeda dengan bakso malang , bakso malang lebih banyak memiliki variasi dalam menyajikan bakso . seperti bakso bakar malang , bakso ini sangat terkenal dengan enaknya. bakso bakar malang adalah bakso yang dibakar menyerupai sate yang diberi sambal kacang berserta jeruk nipis diatas nya . hhmm , tentunya anda dapat membayangkan enaknya bakso bakar malang ini kan ? kenyal dan segar .

Penyajian bakso malang juga sedikit berbeda dengan bakso solo . dalam bakso malang biasanya beisi bakso , tahu , mie , somay dan pangsit . berbeda dengan bakso solo yang biasanya hanya berisi bakso , sayuran dan  mie saja seperti yang saya bilang tadi diatas . anda tinggal pilih , menu bakso apa yang anda dan keluarga anda sukai . bakso solo atau bakso malang , semua sama enak dan kenyal dimulut . 

Mungkin anda biasa menyantap bakso dengan membelinya dipedagang bakso ya ? padahal dengan kerja keras sendikit anda dapat membuat bakso yang enak sendiri dirumah loh . nah untuk anda yang ingin membuat bakso sendiri dirumah mungkin resep ini sangat membantu anda . karena dalam resep ini saya akan berbagi resep dan cara membuat bakso dengan mudah . untuk mengetahui bahan-bahan dan cara pembuatannya silahkan lihat dibawah ini .

Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal


Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal

Bahan-bahan Bakso :

  • Daging sapi yang sudah digiling  1/2 kg
  • Tepung kanji 100 gram
  • Es batu 50 gram
  • Bawang putih ( yang sudah dihaluskan ) 1/4 kg
  • Telur ayam 1 butir
  • Lada putih bubuk 1 sendok teh

Bahan-bahan Kuah Bakso :

  • Air 3 liter ( air untuk kuah )
  • Bawang putih ( yang dihaluskan ) 1/4 kg
  • Balung atau tulang kaki sapi 1 buah ( agar kaldu kuah lebih sedap dan enak )
  • Garam 2 sendok makan
  • Pala bubuk 1 sendok teh
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Lada putih bubuk 1 sendok teh 

Bahan-bahan Pelengkap Bakso :

  • Bihun ( siapkan yang sudah direbus )
  • Kecap manis dan saos tommat
  • Bawang goreng
  • Secukupnya daun seledri
  • Sambal

Cara Membuat Bakso :

  1. Pertama-tama campur es batu , daging sapi giling , telur dan semua bahan-bahan bakso tadi . kemudian haluskan atau diblender .
  2. Campuri sedikit demi sedikit tepung kanji sambil di aduk hingga rata . setelah bahan sudah tercampur rata , letakan adonan dibaskom .
  3. Selanjutnya bentuk adonan bakso sesuai ukuran yang diinginkan . rebus adonan dengan air yang mendidih , masak hingga bakso terapung . bakso yang terapung menandakan bakso sudah matang .

Cara Membuat Kuah Bakso :

  1. Masukan semua bahan-bahan untuk membuat kuah bakso , masak hingga mendidih .

Cara Penyajian Bakso :

  1. Masukan bahan-bahan pelengkap bakso tadi kedalam mangkok , setelah itu siram kuah bakso dan masukan beberapa bakso ke dalam mangkok sesuai yang anda inginkan . 
  2. Nikmati bakso selagi masih hangat , agar lebih enak dan nikmat .
Selesai , dan ternyata membuat bakso sendiri itu mudah yah ? semoga Resep Membuat Bakso Yang Enak Dan Kenyal ini sedikit membantu anda untuk membuat bakso sendiri dirumah . terimakasih telah membuka blog kami , buka juga info resep menu masakan lainnya seperti Resep Membuat Semur Daging Betawi Enak , yang wajib anda coba dirumah . selamat mencoba dan berkreasi sendiri .

Comments

Popular posts from this blog

53+ Cara Membuat Empal Jengkol

Poin pembahasan 53+ Cara Membuat Empal Jengkol adalah : resep semur jengkol sederhana, resep semur jengkol sunda, resep semur jengkol betawi, resep semur jengkol spesial, resep semur jengkol padang, resep semur jengkol santan, cara membuat semur jengkol pedas dan empuk, resep semur jengkol maknyus, 53+ Cara Membuat Empal Jengkol . Musim hujan ini akan membuat kita menjadi cepat lapar. Udara yang dingin membuat perut kita keroncongan dan memerlukan asupan yang bisa membuat tubuh terasa hangat. Di musim hujan ini kamu harus menjaga kesehatan tubuh dan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar terhindar dari penyakit dan tubuh tetap segar bugar. Nah maka dari itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh di musim hujan ini, kali ini kita akan membahas resep empal yang bisa kamu buat di musim hujan iniresep empal dengan artikel 53+ Cara Membuat Empal Jengkol berikut ini Aneka Masakan Cara Masak Semur Jengkol Sumber : macammasak.blogspot.com TIPS CARA MEMBUAT JENGKOL CEPAT EMPUK DAN TIDAK BAU 01 01

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak Istimewa

Resep Ayam Goreng Tulang Lunak - Kuliner nusantara kali ini akan kami hadirkan secara istimewa dengan menu masakan yang istimewa juga. Masih dengan menu yang sama dengan sebelumnya yaitu masakan ayam hanya saja dengan kreasi yang berbeda, dan pastinya dengan kelezatan yang berbeda pula. Kreasi masakan ayam sebelumnya adalah ayam goreng kremes , ayam pop , ingkung ayam , opor ayam , ceker ayam mercon , ayam marengo , ayam teriyaki , ayam bakar madu , ayam rica-rica , sate ayam madura , fried chicken dan kali ini kreasinya yaitu Ayam Goreng Tulang Lunak. Rasa dari Ayam Goreng Tulang Lunak sudah pasti enak gurih dan istimewanya adalah tulang ayamnya bisa dimakan juga karena tulangnya sudah lunak tidak keras lagi.  Rasa dan aroma rempah dari Ayam Goreng Tulang Lunak sangat terasa sehingga membuat masakan ini berbeda dengan kreasi ayam lainnya. Ada rahasia khusus agar tulang ayam menjadi sangat lunak tanpa menggunakan bahan yang berbahaya. Sehingga Ayam Goreng Tulang Lunak aman dikonsums

70+ Resep Empal Susur

Poin pembahasan 70+ Resep Empal Susur adalah : resep empal ayam kuah, bumbu empal ayam jawa, resep empal suwir daging ayam, bumbu empal ayam goreng, resep empal ayam cirebon, resep empal daging, cara membuat empal ayam bulat, empal daging sapi santan, 70+ Resep Empal Susur . Untuk menyiapkan resep empal sehari-hari yang sehat dan mengundang selera, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah jenis dan variasi resep empal harus beraneka ragam. Hal ini penting sekali supaya setiap resep empal sehari-hari yang kita masak akan selalu disukai oleh semua anggota keluarga. Siapkan resep empal sederhana yang banyak mengandung serat dan komposisi lengkap. Jadi selalu ada sayur yang bergizi untuk teman lauk pauk dan buah buahan. Selain itu, sebaiknya kita juga mulai mengurangi konsumsi lemak jenuh dan minyak trans yang biasanya dengan mudah kita dapatkan dari cepat saji.resep empal dengan artikel 70+ Resep Empal Susur berikut ini Resep Tahu Susur Mama oleh Firda home Cookpad Sumber : cookpad.